Rajin Promosi, Warga RI Masih Jarang Tahu HP Lipat Oppo

Samsung Galaxy Flip 6. (CNBC Indonesia/Intan)

Ketika menyebut ponsel lipat, ternyata Samsung menjadi yang paling sering diingat oleh konsumen.

Hal tersebut diketahui dari hasil quick survey atau survei cepat pada 100 responden komunitas Android Agustus lalu mengenai minat konsumen terhadap smartphone model lipat (flip / fold) oleh Reasense.

Hasilnya, Samsung Z Fold Series meraih 46% dan Samsung Z Flip Series sebanyak 33%. Sementara ponsel lipat dari Oppo, Find N3, menyusul di posisi ketiga dengan persentase 11%.

Samsung dan Oppo disebut telah berhasil membangun kesadaran merek yang kuat. Namun di satu sisi, masih ada peluang bagi merek lain untuk masuk dan bersaing.

Oppo Find N3 Flip. (Dok. Oppo)

Konsumen makin tertarik dengan inovasi dan desain yang unik, sehingga produsen perlu terus berinovasi untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang terus berkembang.

“Hasil survei ini menunjukkan bahwa Samsung telah berhasil memposisikan sebagai pemimpin pasar ponsel lipat di Indonesia, terutama di kalangan generasi milenial, karena berbagai faktor pertimbangan,” ujar Aryo Meidianto Aji, Senior Consultant dan Analis Pasar Smartphone dari Seqara Communications dalam keterangan tertulis, Jumat (20/9/2024).

Alasan beli HP lipat

Selain kesadaran merek, survei yang dilakukan di kalangan orang dengan rentang usia 25-30 tahun juga mengungkap faktor-faktor yang paling mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih ponsel lipat.

Pertimbangan utamanya adalah desain (27,6%), diikuti oleh fitur (26,7%) dan harga (23,8%). Menariknya, spesifikasi teknis (21,9%) tidak masuk dalam tiga besar pertimbangan.

Masuknya desain sebagai salah satu pertimbangan utama menunjukkan bahwa konsumen saat ini menginginkan perangkat yang tidak hanya fungsional, tetapi juga estetika dan mampu merefleksikan gaya pribadi mereka, meskipun tetap melihat nilai yang ditawarkan oleh brand.

Adapun fitur pendukung pekerjaan seperti multi-tasking dan layar lebih besar menjadi prioritas utama.

Sebanyak 37,1% responden menginginkan fitur pendukung pekerjaan, 30,5% menginginkan fitur multi-tasking, dan 16,2% menginginkan layar yang lebih besar.

kadobet

Tiga Periode, Perry Warjiyo Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum ISEI

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat memberikan Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulanan Bulan September 2024. (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo kembali terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia. Ia akan melanjutkan masa jabatannya untuk periode 2024-2027.

Dengan kembali terpilihnya Perry, ia telah tiga periode mengemban tugas sebagai Ketum ISEI, pertama ialah periode 2018-2021 saat menggantikan posisi Muliaman D. Hadad yang habis masa tugas, lalu berlanjut pada periode 2021-2024.

“Secara aklamasi, mufakat, memberi amanah ke saya untuk sebagai ketum periode 2024-2027,” kata Perry saat konferensi pers usai kongres di Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/9/2024).

“Sebagai anak desa, sebagai rakyat, dan juga selalu dibimbing orang tua dan pembimbing spiritual kita, kita tidak meminta suatu jabatan, tapi kalau sudah diberikan amanah, dan amanah dari Allah kita harus siap, dan insyaallah saya akan menjaga amanah ini,” tutur Perry.

Selama kongres berlangsung, Perry mengatakan, para peserta telah menyepekati juga secara aklamasi laporan pertanggung jawaban kepengurusannya selama periode 2021-2024, termasuk laporan keuangan yang telah diaudit.

Ia mengatakan, dalam kepungurusan baru ini akan ada tiga strategi yang akan ditempuh. Pertama, rekomendasi kebijakan untuk mendorong ekonomi yang berkelanjutan di pusat dan daerah, salah satunya pentingnya pelaksanaan program hilirisasi pangan untuk penciptaan lapangan kerja berkualitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat.

Strategi kedua ialah fokus memajukan kualitas akademis dan riset di perguruan tinggi, strategi yang ketiga ialah mengembangkan sinergi ISEI dengan lembaga profesi lain di tingkat nasional maupun internasional.

Tiga stategi ini ia pastikan akan didukung organisasi ISEI yang semakin lama semakin mencakup banyak sektor, disebut dengan istilah organisasi ABG, yakni adamya unsur akademisi, bisnis (dunia usaha) dan goverment (pemerintah atau otoritas).

“Jadi ada elemen akademisi, ada elemen dunia usaha, ada elemen dari pengambil kebijakan apakah pemerintah pusat, pemda, BI, OJK. Kenapa kompoisis ini penting supaya kajiannya pendidikannya, rumusan rekomendasinya kongkrit, bisa diimplemetnasikan sama-sama,” tegasnya.

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) adalah sebuah organisasi profesional yang berfokus pada bidang ekonomi dan bisnis di Indonesia. Terdiri dari 52 ISEI Cabang, dan anggotanya kini sebanyak 13.171 orang.

ISEI didirikan pada tanggal 14 Januari 1955 dengan tujuan utama untuk memajukan bidang ekonomi, meningkatkan kualitas pendidikan ekonomi, serta meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para sarjana ekonomi di Indonesia.

kadobet

Mantap! Maskapai Internasional Ini Pakai SAF dari Pertamina

Pertamina

PT Pertamina Patra Niaga terus melebarkan sayap distribusi Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF) dengan maskapai baru, Virgin Australia Airlines, yang memanfaatkan SAF-nya sebagai bagian dari perayaan di Bali International Air Show pada Kamis, 18 September 2024.

Sekitar 160 kiloliter SAF disuplai ke Boeing 737 Virgin Australia untuk dua hari layanan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, dari 18 hingga 19 September 2024.

“Pengiriman SAF pertama di Bandara Ngurah Rai menandakan bahwa Indonesia dapat beradaptasi dengan tuntutan campuran energi dalam industri penerbangan internasional, di mana SAF saat ini merupakan solusi jangka menengah untuk penerbangan guna mengurangi jejak karbon tanpa memerlukan perubahan pada pesawat, infrastruktur bandara, atau rantai pasokan bahan bakar jet,” kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan dalam keterangan resminya, ditulis Jumat (20/9/2024).

Di samping itu, dia menambahkan bahwa SAF yang disuplai memenuhi kerangka International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) untuk Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA) dan Renewable Energy Directive-Uni Eropa (RED-EU).

Selain itu, SAF memenuhi standar internasional yang ditetapkan oleh American Society for Testing and Materials (ASTM) dan telah disertifikasi aman sebagai CORSIA Eligible Fuel (CEF) yang dapat diklaim kepada International Civil Aviation Organization (ICAO).

“Langkah baru menuju penerbangan berkelanjutan ini mampu mengurangi emisi karbon dari bahan bakar fosil, karena SAF Pertamina merupakan campuran 38,43% kerosene sintetis yang dihasilkan dari Minyak Goreng Bekas (UCO) dan 61,57% bahan bakar jet konvensional,” kata Fiona

Manajer Umum Keberlanjutan Virgin Australia, WalmsleyIa menyatakan bahwa kolaborasi ini adalah simbol komitmen Virgin Australia untuk mengurangi intensitas emisi karbon sebesar 22 persen pada tahun 2030, serta komitmen untuk mencapai net zero emissions pada tahun 2050.

Menurutnya, SAF adalah penggerak penting untuk membantu mengurangi emisi karbon sektor penerbangan. Virgin Australia pun senang dapat menunjukkan keselamatan, efektivitas, dan efisiensi penggunaan SAF sebagai bagian dari operasi internasional jarak pendek perusahaan.

“Bagi Australia, salah satu tantangan tersulit yang harus diatasi adalah ketersediaan SAF yang terjangkau di negara kami. Dengan bekerja sama dalam inisiatif ini, Pertamina telah membantu menjembatani kesenjangan bagi kami, tetapi pada akhirnya kami memerlukan dukungan dari banyak pihak dalam industri penerbangan Australia dan internasional untuk memastikan operasi SAF yang berkelanjutan, dapat diandalkan, dan terjangkau di Virgin Australia,” kata dia.

Virgin Australia melayani rute dari Denpasar ke Brisbane, Melbourne, Sydney, dan Gold Coast. SAF yang didistribusikan di Terminal Bahan Bakar Penerbangan Ngurah Rai dikelola menggunakan metode rantai pengawasan mass balance. Dalam metode ini, bahan bakar jet fosil konvensional dan bahan bakar terbarukan (SAF) dicampur dalam tangki yang sama karena memiliki spesifikasi teknis yang serupa. Meskipun dicampur, bahan bakar jet dan SAF dicatat dan diperhitungkan secara terpisah.

Penyediaan SAF ke pasar global merupakan komitmen nyata dari PT Pertamina Patra Niaga, yang secara agresif mempromosikan transisi energi di sektor penerbangan dan mendukung target Net Zero Emission Indonesia pada tahun 2060.

Asal tahu saja, SAF, yang dihasilkan dari limbah dan diproses di kilang bersamaan dengan bahan bakar fosil, menghasilkan bahan bakar sintetis rendah karbon, mengurangi emisi karbon hingga 80% dibandingkan dengan bahan bakar jet konvensional, dan disertifikasi ISCC CORSIA serta ISCC RED-EU.

kas138

Batas Waktu & Cara Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024

Infografis/Astaga.....Ada 1,3 Juta Lowongan CPNS di 202i/Aristya Rahadian

Panitia seleksi nasional atau Panselnas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 membuka proses sanggah hasil seleksi administrasi.

Dikutip dari Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2024, Jumat (20/9/2024) disebutkan Pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat maka berhak untuk mengajukan sanggah dalam waktu 3 hari setelah pengumuman ini diumumkan.

Sanggahan dilakukan untuk menyanggah hasil verifikasi instansi yang salah, dalam hal ini sanggahan diberlakukan jika kesalahan bukan dari kesalahan yang dilakukan pelamar. Periode masa sanggah dapat dilihat di bawah tombol ajukan sanggah.

Fitur Ajukan Sanggah bukan untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan pelamar. Alasan Sanggah yang pelamar isi harus benar, realistis, tidak mengada-ngada dan berdasarkan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya.

Jika pelamar sudah menyadari kesalahan, maka tidak disarankan untuk menggunakan fitur ini, karena tidak akan mengubah hasil Verifikasi.

Alasan sanggah harus sesuai dengan dokumen sebenarnya dan apabila ternyata isian yang dibuat pelamar tidak sesuai dengan dokumen maka pelamar bersedia menanggung akibat hukuman yang ditimbulkannya.

Adapun cara sanggah di sistem SSCASN sebagai berikut:

1. Peserta yang dinyatakan TMS, dapat memilih tombol ajukan sanggah.

2. Kemudian akan tampil form sanggah yang berisi informasi persyaratan yang tidak terpenuhi, dokumen yang telah diunggah pelamar dan kolom isian alasan sanggah.

3. Peserta dapat memberikan alasan sanggah dari hasil seleksi administrasi pada kolom alasan sanggah.

4. Pada bagian bawah halaman Form sanggah terdapat informasi batas waktu pengiriman sanggahan yang dapat diajukan oleh pelamar.

5. Apabila pelamar sudah yakin dengan sanggahannya, pelamar dapat mencentang disclaimer, kemudian memilih tombol Akhiri Proses Sanggah.

6. Jika terdapat kolom isian alasan sanggah yang kosong kemudian pelamar memilih akhiri proses sanggah maka akan tampil peringatan “Anda hanya bisa melakukan sanggah bila semua persyaratan yang tidak memenuhi syarat disanggah”.

7. Jika Peserta memiliki dokumen yang tidak valid lebih dari 1, dan hanya ingin melakukan sanggah pada salah satunya saja atau tidak pada semua dokumen, maka tidak akan mengubah hasil. Karena 1 persyaratan saja tidak valid, maka tetap akan TMS (Tidak Memenuhi Syarat), jika dirasa dokumen tersebut memang tidak valid, diharapkan untuk tidak melakukan sanggah. Segala bentuk permohonan/permintaan ataupun alasan yang tidak berkaitan dengan dokumen yang dianggap tidak valid oleh Verifikator Instansi, maka akan diabaikan.

8. Setelah mengisikan sanggahan, maka sistem akan menampilkan peringatan “Apakah Anda yakin untuk mengakhiri dan memproses penyanggahan?”. Jika sudah yakin silahkan pelamar memilih tombol iya. Namun jika pelamar tidak yakin silahkan pilih tidak.

9. Setelah memilih tombol iya kemudian akan tampil informasi bahwa pengajuan sanggah berhasil.

10. Pelamar hanya bisa melakukan sanggah satu kali. Pelamar yang sudah pernah melakukan sanggah kemudian ingin melakukan sanggah kembali dengan memilih tombol sanggah maka sistem akan menampilkan informasi “Mohon maaf, Anda sudah pernah melakukan sanggah. Silahkan refresh halaman resume Anda”.

11. Pelamar yang telah berhasil melakukan sanggah dipersilahkan untuk melakukan refresh halaman resume kemudian sistem akan menampilkan keterangan bahwa “Anda sudah pernah menyanggah. Harap menunggu jawaban sanggah dari instansi tersebut”.

12. Jika masa sanggah sudah berakhir maka akan tampil masa sanggah sudah berakhir yang berarti pelamar sudah tidak bisa untuk menyanggah hasil dari seleksi administrasi.

Berikut jadwal lengkapnya!

1. Pengumuman Seleksi 19 Agustus s.d. 2 September 2024

2. Pendaftaran Seleksi 20 Agustus s.d. 6 September 2024

3. Seleksi Administrasi 20 Agustus s.d. 13 September 2024

4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 14 s.d. 17 September 2024

5. Konfirmasi Penggunaan Nilai SKD CPNS TA 2023 oleh oleh Peserta Seleksi 18 s.d. 28 September 2024

6. Masa Sanggah 18 s.d. 20 September 2024

7. Jawab Sanggah 18 s.d. 22 September 2024

8. Pengumuman Pasca Masa Sanggah 21 s.d. 27 September 2024

9. Penarikan Data Final SKD CPNS 29 September s.d. 1 Oktober 2024

10. Penjadwalan SKD CPNS 2 s.d. 8 Oktober 2024

11. Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat SKD CPNS 9 s.d. 15 Oktober 2024

12. Pelaksanaan SKD CPNS 16 Oktober s.d. 14 November 2024

13. Pengolahan Nilai SKD CPNS 23 Oktober s.d. 16 November 2024

14. Pengumuman Hasil SKD CPNS 17 s.d. 19 November 2024

15. Pelaksanaan SKB CPNS Non-CAT 20 November s.d. 17 Desember 2024

16. Pemetaan Titik Lokasi Seleksi SKB CPNS dengan CAT 20 s.d. 22 November 2024

17. Pemilihan Titik Lokasi SKB CPNS dengan CAT oleh Peserta Seleksi 23 s.d. 25 November 2024 18. Penarikan data final SKB CPNS 26 s.d. 28 November 2024

19. Penjadwalan SKB CPNS dengan CAT 29 November s.d. 3 Desember 2024

20. Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat SKB CPNS dengan CAT 4 s.d. 8 Desember 2024

21. Pelaksanaan SKB CPNS 9 s.d. 20 Desember 2024

22. Integrasi Nilai SKD dan SKB CPNS 17 Desember 2024 s.d. 4 Januari 2025

23. Pengumuman Hasil CPNS 5 s.d. 12 Januari 2025

24. Masa Sanggah 13 s.d. 15 Januari 2025

25. Jawab Sanggah 13 s.d. 19 Januari 2025

26. Pengolahan Seleksi Hasil Sanggah 15 s.d. 20 Januari 2025

27. Pengumuman Pasca Sanggah 16 s.d. 22 Januari 2025

28. Pengisian DRH NIP CPNS 23 Januari s.d. 21 Februari 2025

29. Usul Penetapan NIP CPNS 22 Februari s.d. 23 Maret 2025

kas138

14 Jadwal KA Cepat Whoosh Dibatalkan Efek Gempa Bandung Magnitudo 5

Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung. (Dok: KCIC)
Foto: Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung. (Dok: KCIC)

KCIC menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan sejumlah perjalanan kereta cepat Whoosh sebagai dampak terjadinya gempa bumi yang terjadi pada pukul 09.41 WIB dengan kekuatan 5 skala richter dengan titik lokasi gempa di Kabupaten Bandung yang berdekatan dengan lokasi jalur kereta cepat Whoosh.

Gempa tersebut terjadi berulang hingga 8 kali dengan kekuatan beragam sesuai informasi yang disampaikan oleh BMKG. Pembatalan tersebut dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan seluruh perjalanan kereta cepat Whoosh.

“Sesuai SOP Keselamatan dan Keamanan Tim Kerja KCIC langsung melakukan pemeriksaan menggunakan Rail Car atau kereta perawatan,” ungkap Corporate Secretary Eva Chairunisa saat dikonfirmasi, Rabu (18/9/2024).

Eva menjelaskan Kereta Cepat Whoosh memiliki konstruksi yang tahan dengan kekuatan gempa hingga 8 skala richter, adapun pemeriksaan menyeluruh membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk memastikan tidak ada faktor eksternal yang dapat mengganggu Jalur KCJB, seperti : longsoran bukit batu di kanan kiri trase, longsoran tanah atau dampak alam lainnya.

Pemeriksaan menyeluruh dilakukan untuk semua Jalur sepanjang 144 Km dengan kondisi jalur yang sebagian besar melalui area perbukitan, adapun jalur kereta Whoosh terdiri:

  • Struktur jembatan dengan total panjang 82 km
  • 13 terowongan dengan total panjang 17 km
  • Jalur KA diatas tanah sepanjang 42 km
Penumpang Kereta Cepat Whoosh pecah rekor hari ini, Jumat (28/6/2024). Dok: KCIC)
Foto: Penumpang Kereta Cepat Whoosh pecah rekor hari ini, Jumat (28/6/2024). Dok: KCIC)
Penumpang Kereta Cepat Whoosh pecah rekor hari ini, Jumat (28/6/2024). Dok: KCIC)

Sementara ini, berdasarkan pantauan awal di OCC ( Operation Controll Center) Tegalluar atas semua sensor yang terpasang dan visualisasi dari pantauan 1.399 CCTV yang tersebar di semua jalur, sampai dengan saat ini tidak terlihat kerusakan di Prasarana KCJB

Berikut daftar sejumlah jadwal perjalanan Whoosh yang dibatalkan :

Rute Halim – Tegalluar

1. KA G1223 keberangkatan 09.47
2. KA G1225 keberangkatan 10.20
3. KA G1227 keberangkatan 10.55
4. KA G1269 keberangkatan 11.30
5. KA G1229 keberangkatan 12.00
6. KA G1231 keberangkatan 13.02
7. KA G1233 keberangkatan 14.02

Rute Tegalluar – Halim

1. KA G1224 keberangkatan 09.47
2. KA G1226 keberangkatan 10.20
3. KA G1228 keberangkatan 10.55
4. KA G1230 keberangkatan 12.00
5. KA G1232 keberangkatan 13.00
6. KA G1274 keberangkatan 13.30
7. KA G1234 keberangkatan 14.00

Untuk masyarakat yang sudah membeli tiket dan terdampak pembatalan jadwal dapat melakukan proses pembatalan dengan bea tiket yang akan dikembalikan 100% dengan jangka waktu pengembalian maksimal 1×24 jam sejak proses pembatalan dilakukan.

Proses pembatalan dapat dilakukan di seluruh loket Stasiun Whoosh Halim, Padalarang, Tegalluar Summarecon dan Hall KA Feeder Stasiun Bandung. Pembatalan dapat dilakukan hingga 3 hari setelah jadwal keberangkatan, pengguna yang tidak menunggu disarankan dapat melanjutkan perjalanannya menggunakan moda lain dan melakukan proses pembatalan di hari selanjutnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perjalanan dan promo Whoosh, silakan menghubungi Customer Service di Stasiun atau Contact Center KCIC melalui ke 150909, WhatsApp chat ke 0815-1032-0909, email ke [email protected], serta ⁠Instagram reply dan DM ke @keretacepat_id.

kas138

Heboh Kudeta di Munaslub Kadin, Arsjad Respons Anindya Bakrie

Munaslub KADIN 2024. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)
Foto: Munaslub KADIN 2024 (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid memberi respons hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang menunjuk Anindya Bakrie sebagai ketua organisasi itu. Sebelumnya Munaslub dilakukan Sabtu lalu dan dianggap 21 Ketua Umum Kadin Provinsi ilegal.

Ia mengatakan akan mengambil tindakan hukum. Munaslub dianggap tak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia.

“Selanjutnya kami ambil langkah hukum untuk menjaga integritas organisasi,” tegas Arsjad, dalam konferensi pers, Minggu dikutip Senin (16/9/2024).

Arsjad menambahkan dewan pengurus tengah melakukan investigasi atas pelanggaran AD/ART. Dari penyelidikan sementara, dia yakin akan terungkap bukti-bukti sah dalam bentuk dokumen terkait dengan Munaslub, termasuk keterlibatan individu maupun kelompok.

“Kami akan ambil tindakan disipliner memastikan Kadin adalah rumah semua,” ujarnya.

Dia pun menegaskan sebagai ketua umum periode 2021-2026, mengajak semua anggota Kadin Indonesia agar tetap solid dan tegak lurus mematuhi aturan yang ada. Ini penting guna kemajuan organisasi dan menjalankan aturan organisasi.

“Kita punya tugas besar di depan mata, ekonomi kita harus tumbuh 8% di pemerintahan mendatang,” katanya.


Bantah Dirinya Digulingkan karena Pemilu


Di kesempatan yang sama, Arsjad pun membantah bawa dirinya digulingkan karena cuti dari jabatannya dan memilih menempati posisi Ketua Pemenangan Tim Ganjar-Mahfud saat Pemilu Februari 2024.

Arsjad menegaskan bahwa semua keputusannya selalu dikonsultasikan terlebih dahulu, tak hanya berlaku di Kadin daerah, tapi juga pengurus harian.

“Bisa ditanyakan langsung kepada teman-teman Ketum daerah setiap langkah yang saya lakukan saya berkonsultasi dengan temen Kadin daerah, pengurus harian sampai pun akhirnya saya harus memutuskan menjadi salah satu ketua dalam tim pemenangan itupun juga saya ajak bicara,” jelas Arsjad lagi.

“Karena tadi saya ingin memastikan saya ini adalah Arsjad sebagai seorang sebagai…Arsjad sebagai Kadin,” tambahnya.

Pada waktu itu, dia pun memutuskan mengambil cuti, tetapi teman-teman di Kadin meminta untuk tidak cuti karena hal itu tak perlu berdasarkan AD/ART. Meski begitu, dia tetap pada pendiriannya untuk memberikan contoh yang baik.

“Saya putuskan ke teman-teman kita harus tunjukkan good governance bahwa kita memastikan kita selalu mengacu pada good governacne maka saya putuskan melaksanakan yang namanya berhalangan hadir maupun itu yang saya lakukan,” katanya.


Lapor Jokowi

Sementara itu, Arsjad juga meminta pemerintah ikut turun tangan untuk menyelesaikan sengketa posisi Ketua Umum Kadin. Ia mengaku bakal berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun presiden terpilih Prabowo Subianto, mengenai mengenai permasalahan ini.

“Bukan cuma masalah status Keppres-nya, tapi tetap kita berjalan seperti biasa saja, bahwa ada kejadian yang terjadi Munaslub ilegal ini akan kami laporkan. Kita harus berdiri dalam konteks hukum Undang-Undang Governance Kadin Indonesia,” kata Arsjad.

Saat ditanya apakah membutuhkan Keputusan Presiden (Keppres) baru untuk penetapan Ketua Umum Kadin yang baru, Arsjad mengatakan itu tergantung dari pemerintah. Perlu diketahui, keputusan bersama Munas Kadin biasanya diberikan kepada pemerintah.

“Itu balik-balik lagi terserah pemerintah. Namun satu proses yang harus dilakukan misalnya waktu itu terjadi itu kami memberikan semua itu kepada pemerintah,” ujar Arsjad menjelaskan pada proses pemilihannya waktu itu, juga melewati serangkaian proses hingga verifikasi.

“Makanya kami memohon sebesarnya kepada pemerintah untuk turun tangan ikut menyelesaikan, karena kami bagian dari mitra strategis pemerintah. Dan di situ dalam Undang-Undang kadin itu bagian dari pengawasan, itu ada di Undang-Undang,” katanya.

Melansir keterangan resmi, Arsjad merupakan ketua umum Kadin Indonesia yang terpilih periode 2021-2026, yang ditegaskan dalam Keppres Nomor 18 tahun 2022 tentang AD/ART Kadin. Arsjad Rasjid dipilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia masa bakti 2021-2026 berdasarkan keputusan bersama pada Munas VIII Kadin Indonesia tertanggal 30 Juni 2021, di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kronologi Wasit KO Dipukul Pemain di PON 2024, Erick Thohir Respons

Wasit PON Aceh-Sumut 2024 Kena Pukul Pemain. (Tangkapan Layar X (Twitter)
Foto: Wasit PON Aceh-Sumut 2024 Kena Pukul Pemain. (Tangkapan Layar X (Twitter)

Pertandingan semifinal sepakbola di PON 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) viral. Bahkan wasit laga tersebut “KO” karena dipukul pemain dalam laga yang berlangsung Sabtu itu.

Bagaimana kronologinya?

Hal ini terjadi kala tim Aceh bertanding melawan Sulawesi Tengah (Sulteng) di Stadion Dimurthala, Banda Aceh. Awalnya pertandingan berlangsung biasa.

Sulteng berhasil unggul 1-0 atas Aceh pada menit ke-24. Aceh sebagai tuan rumah merespons untuk mengejar ketertinggalan.

Pertandingan mulai panas saat laga terhenti pada menit ke-38. Hal ini akibat oknum suporter yang emosi dan melemparkan botol air mineral ke dalam lapangan.

Ini imbas cekcok pelatih Sulteng dan staf pelatih Aceh. Setelah situasi kondusif pertandingan bisa dilanjutkan kembali.

Pada menit ke-74 wasit Eko Agus Sugih Harto melakukan hal kontroversial. Ia mengusir pemain Sulteng Wahyu Alman dengan kartu kuning, yang merupakan kedua kalinya bagi Wahyu, yang berujung kartu merah.

Di menit ke-83 ia kembali mengeluarkan kartu merah untuk pemain Sulteng Moh Akbar yang dianggap melanggar pemain Aceh. Gara-gara kartu merah itu pemain dan ofisial Sulteng protes.

Setelahnya, pertandingan sempat terhenti gara-gara pemain Sulteng tak terima keputusan wasit itu. Tim Sulteng lalu terlihat tak serius melanjutkan pertandingan meski akhirnya kembali ke lapangan setelah diyakinkan pelatih.

Puncak kekacauan terjadi pada menit ke-97. Kala itu wasit mendapat pukulan dari pemain Sulteng Muhammad Rizki Saputra hingga terjatuh pada menit ke-97. Muhammad Rizki kemungkinan kesal karena wasit memberikan penalti untuk Aceh.

Sang Wasit kemudian langsung mendapatkan perawatan medis di lapangan. Ia pun kemudian dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans.

Di sisi lain penonton marah dan melemparkan botol air mineral ke dalam stadion. Sementara Rizki Saputra diusir wasit dengan kartu merah akibat aksinya meninju wasit.

Pertandingan dilanjutkan kembali dengan eksekusi penalti untuk Aceh. Tapi penalti Aceh ini gagal menjadi gol, Sulteng masih unggul 1-0.

Kemudian Aceh dapat penalti lagi karena pemain Sulteng dianggap handball. Lewat penalti di pengujung babak kedua, Aceh berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 hingga pertandingan waktu normal berakhir.

Imbasnya, tim Sulteng menolak untuk melanjutkan pertandingan dan dinyatakan kalah walk out (WO). Aceh lolos ke semifinal PON 2024.

Respon Erick Thohir

Sementara itu, PSSI berjanji bakal membongkar biang kerok laga kontroversial Aceh vs Sulteng. Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan induk organisasi sepak bola di Indonesia itu bakal mengusut tuntas pertandingan tersebut.

“Memalukan. Sangat memalukan. PSSI akan mengusut tuntas peristiwa ini dan akan menjatuhkan sanksi terberat! Pastinya akan dilakukan investigasi mendalam. Indikasi pertandingan yang tidak fair menjadi materi serius yang ditelaah,” kata Erick dalam rilis.

“Tidak ada toleransi bagi pihak yang telah dengan sengaja melanggar komitmen fair play. Sanksi bukan sekadar hukuman melainkan statement dari sepak bola Indonesia yang tidak mentolerir sedikitpun praktik di luar fair play,” ujarnya menambahkan.

PSSI akan carter pesawat untuk hemat tenaga pemain timnas pada Oktober

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan akan mencarter pesawat saat timnas Indonesia melakoni dua laga tandang putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C melawan Bahrain dan China.

Indonesia akan bertamu ke Bahrain di Stadion Nasional Bahrain, Riffa terlebih dahulu pada 10 Oktober dan lima hari berikutnya melawan China di Stadion Qingdao Youth Football, Shandong.

Erick mengatakan tujuan mencarter pesawat ini untuk menghemat tenaga pemain yang akan menempuh perjalanan panjang.

“Kita sudah persiapkan bahwa tim bisa berkumpul lebih awal yang main di Indonesia, maksudnya para pemain Indonesia. Beberapa pemain yang dari luar negeri akan langsung,” jelas Erick saat ditemui awak media setelah dirinya menyaksikan final sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 antara DKI Jakarta melawan Jawa Barat di Stadion Mini Pancing, Deli Serdang, Sabtu (14/9).

“Nah memang untuk pesawat kita akan mencarter yang dari Bahrain ke China karena memang tidak mungkin mereka harus nempuh dari Bahrain ke Doha, Doha ke Hong Kong, Hong Kong ke Beijing, terus naik ke enam jam ya tentu waktunya berpuluh-puluh jam itu. Lelah, kasian,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, pria 54 tahun itu turut mengapresiasi para pemain timnas saat langsung kembali ke klubnya masing-masing tak lama setelah Garuda bermain imbang 0-0 melawan Australia pada 10 September.

“Dan kita harus apresiasi seperti kemarin para pemain selesai tanding, mereka langsung pulang ke klub. Itu yang memang disiplin yang tidak mudah ya,” katanya.

“Ada yang pulang ke Eropa, ada yang pulang ke Amerika, ada yang pulang ke Korea seperti Arhan. Ya tidak mudah ya, kita harus apresiasi perjuangan mereka,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia juga menanggapi polemik yang menyerang timnas Indonesia saat ini yang diduga para pemain naturalisasinya memiliki paspor ganda.

“Pasti ada perbedaan pendapat, tetapi ya kembali kita kerja saja lah. Kita enggak mau terjebak polemik-polemik, diskusi yang buat saya itu. Dan ini negara demokrasi, kritik itu sesuatu yang baik,” ucapnya.

“Tetapi kita fokus saja lah, kita kerja, kerja, kerja, kerja,” tutupnya.

kas138

Pengamat Malaysia Mendadak Sorot Rizky Ridho di Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho. (Instagram/rizkyridhoramadhani)
Foto: Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho. (Instagram/rizkyridhoramadhani)

Tim Nasional (Timnas) sepakbola Indonesia terus menjadi sorotan berbagai pihak di luar negeri. Salah satunya adalah pengamat sepak bola Malaysia Faiz Gurun dan Keesh Sundaresan.

Dalam program ‘Bola for Life’ di stasiun televisi Astro Awani, baik Faiz dan Keesh menyoroti performa Rizky Ridho Ramadhani. Pasalnya, Rizky Ridho merupakan satu-satunya starter di Timnas Indonesia dalam dua pertandingan yang bermain di liga lokal.

“Yang saya soroti, di dalam lapangan, ada dua tim: Satu Australia yang pemainnya 95 persen bermain di klub-klub Eropa, dan satu lagi pasukan Indonesia yang juga saat ini banyak pemainnya yang berkarir di Eropa, meskipun bermain di kasta yang lebih bawah,” kata Keesh dalam program itu, dikutip Sabtu (14/9/2024).

“Akan tetapi, ada satu pemain yang bermain untuk Persija Jakarta, Rizky Ridho Ramadhani.”

Keesh menyebutkan bahwa meski pemain lain sudah merumput di luar negeri, bahkan di wilayah seperti Eropa, Rizky Ridho tidak menunjukan kualitas permainan yang tak setara. Keesh bahkan menganggap kualitas Rizky Ridho layaknya sama dengan pemain yang merumput di luar negeri

“Dia tidak terlihat berbeda dari yang lainnya. Ketika semuanya hampir bermain di Eropa dan Rizky Ridho tidak, namun ia tidak terlihat seperti bukan bagian dari mereka,” papar Keesh.

Serupa, Faiz juga memfokuskan analisa kepada Rizky Ridho. Menurutnya, Rizky Ridho bermain baik lantaran pengalaman internasional bersama Timnas Indonesia dalam kurun waktu beberapa waktu terakhir.

“Rasanya saya tahu mengapa Rizky Ridho tidak terlihat berbeda dari yang lainnya. Hal ini disebabkan karena penampilan dia yang sudah sangat banyak untuk Timnas Indonesia. Tekanan dia pasti tinggi ketika bermain di kandang sendiri dan dia satu-satunya orang yang bermain di klub Indonesia. Saat bertemu Arab Saudi di Arab, terdapat dua pemain Persija di sana, yaitu Rizky Ridho dan Witan Sulaiman,” terang Faiz.

Kebobrokan Google Dibongkar Mantan Bos Besar, Tak Disangka

FILE PHOTO: A logo is pictured at Google's European Engineering Center in Zurich, Switzerland July 19,  2018   REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo
Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann

Kasus antimonopoli Google masuk babak baru. Mantan bos Google menjadi saksi dan membenarkan praktik memonopoli jaringan iklan yang dilancarkan raksasa Mountain View tersebut.

Dalam sebuah bukti di pengadilan, mantan presiden periklanan bergambar di Google, David Rosenblatt menyebutkan tujuan perusahaan untuk ‘menghancurkan’ pesaingnya. Ini dia sebutkan sebagai strategi perusahaan akhir tahun 2008 hingga awal 2009.

“Kami bisa menghancurkan pesaing lain dan itu tujuan kami,” kata Rosenblatt berdasarkan catatan pengadilan dikutip dari Reuters, Jumat (13/9/2024).

Rosenblatt bergabung dengan Google tahun 2008 dan keluar setahun kemudian. Saat itu, perusahaan mengakuisisi perusahaan teknologi iklan DoubleClick.

Dalam laporan tersebut, Rosenblatt membahas soal keuntungan teknologi di kedua sisi dan tengah pasar. Bahkan menyamakan Google dengan bursa efek London dan NYSE.

“Google menciptakan sesuatu yang sebanding dengan NYSE atau Bursa Efek London. Artinya kami akan melakukan untuk menampilkan apa yang Google lakukan pada Search,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, perusahaan harus memiliki server iklan penerbit. Jadi membuat jaringan iklan memiliki tampilan pertama pada tempat yang disediakan.

Mantan eksekutif DoubleClick Brad Bender ikut bersaksi di persidangan. Menurutnya catatan tersebut jadi ‘bacaan berharga’ saat itu.

Rosenblatt tidak segera menanggapi permintaan komentar. Sekarang dia diketahui sebagai CEO 1stDibs, sebuah platform penjualan barang mewah.